Hallo para bloggersss...
Aku mau share ke kalian nih mengenai pengalaman test dan interview di KAP big 10 di Indonesia.
Pengalaman aku ini masih anget angetnya loh, jadi buat kalian yang jobseeker dan pengen tau gimana interviewnya di KAP termasuk big 10 ini pantengin terussss ok ok!
Langsung aja yaaaa... ciat ciat ciaaaat....
Tanggal 5 April 2017
Aku mulai sebar sebar lamaran aku ke KAP big 20 termasuk KAP 13 Huruf ini, dan lokasinya di Jakarta, aku sebar lewat pos dan biayanya satu surat Rp. 7500 buat yang reguler dan Rp. 15.000 buat yang sehari sampe. Dan pada hari itu juga, aku pulang ke bandung (domisili asal) karna waktu itu emang ada panggilan kerja.
Tanggal 6 April 2017
Pas baru bangun banget nih, aku nerima telepon dari nomor yang gak dikenal. Dan aku angkat ternyata dari Moore Stephens yang ngasih tau kalau aku diundang buat hadir interviewnya. (etdah cepet amat yaa jalur pos) hehehe.
Tanpa pikir panjang, aku menyetujui buat dateng ke interview tersebut (berisi tentang psikotest dan interview) jadwalnya hari jumat, tanggal 7 April 2017 jam 08.00, karna domisili aku jauh (di bandung) jadi pihak HRD memaklumkan aku buat dateng jam 10.00.
Tanggal 7 April 2017
Ini dia hari yang ditunggu tunggu... Aku berangkat dari Bandung subuh banget nih jam 04.15 subuh naik travel cititrans karna cuma ada cititrans yang keberangkatannya jam sepagi itu. Sampe Jakarta sekitar jam 08.00 sampai pool Fatmawati, (as we know) Jakarta kota yang sangat padat yaa siap siap buat menikmati hidangan kemacetan dimana mana hehehehe. Nah dari Fatmawati ini lokasi interview nya di Grogol tepatnya di Tanjung Duren, Jakarta selatan. Jadi aku di anter si doi buat sampe tempat tujuan :D
Aku sampe sekitar jam 08.30 tepat di gedung Solis sebelah hotel Maxley. Aku masuk dan disuruh nunggu buat ketemu HRD nya. Dan diajak untuk ke ruangan (mungkin bisa dibilang ruang tunggu), disuruh isi formulir lamaran kerja, dan ternyata di sertakan soal soal mengenai audit dan akuntansi.. Hehehe OMG aku belum sempet review before karna yang tertera hanya undangan psikotest dan interview (mungkin dibuat kaya gini biar diuji kesiapan kita juga kali ya), dan aku isi seadanya, semampuku. Soalnya ada 30, 10 essay dan 20 Multiple Choice dan diberi waktu 60 Menit.
Udah gitu, aku nunggu lagi nih, ternyata ada kandidat lain, tapi mereka tinggal tanda tangan kontrak, dan udah menjalani interview beberapa hari sebelumnya, aku tanya tanya mereka seputar interview dan yang lainnya. Setelah itu, aku disuruh ngisi soal psikotest dan sisuruh gambar di kertas HVS kosong. (instruksinya disuruh buat gambar pohon dan gambar orang lagi ngapain). Karna kebetulan hari jumat, jadi waktunya terpotong sama soljum. Dan aku dikasih waktu istirahat dan balik lagi sekitar jam 02.00 siang.
Aku pun balik lagi ke kantornya sekitar jam 01.30, disitu aku nunggu lagi HRD nya kurang lebih ada 30 Menit. Aku dipanggil dan.... war is being start:)) Disitu ada 2 orang yang interview aku, yang satu User dan satu lagi HRD. Kemudian dateng lagi 1 orang user lagi jadi jumlahnya ada 3 orang. Aku ditanya tanya seputar akuntansi dan auditing, beberapa macam pertanyaan tentang pengalaman dan personal, dan di uji kemampuan bahasa inggrisnya hehehe. Agak tegang sih dan berasa kaget aja gitu, memang anaknya gugup an gitu ya, tapi ya gimana, berusaha tenang, mungkin ada kata kata yang salah jawab apa gimana, tapi ya sudahlah, yang penting sudah menunjukkan kemampuan dan niat :D waktu interview nya pun agak lama ya kurang lebih 1,5 Jam. hehehe. Di akhir interview, tim interview bilang akan diproses selama 2 minggu lagi ya kalau tidak dipanggil lagi mohon maaf berarti tidak memenuhi kriteria (bahasa orang HRD memang rata rata seperti itu) :D
Akhir kalimat, jangan mudah menyerah, dan evaluasi lah diri kalian untuk mendapatkan hal yang kalian inginkan, usaha semaksimal mungkin dan berdoa kepada Allah SWT untuk mendapatkan hasil yang terbaik:)
Kalo kalian gagal diterima kerja, Jangan mudah putus asa, coba dan coba terus, percayalah bahwa semua orang akan mendapatkan bagian terbaik dalam hidupnya :D
Semoga artikel ini bermanfaat:)
Note: *Hanya berbagi pengalaman*